Review Football Manager 2023, Keren Tapi Tampilan Membosankan!

0
10
Review-Football-Manager-2023

Detikgames.com – Siapa yang tidak mengenal game Football Manager 2023, game sepak bola ini memang selalu ditunggu-tunggu seri terbarunya. Pada tanggal 8 November 2022 lalu, Football Manager 2023 ini sukses dirilis ke pasaran untuk memenuhi dahaga pecinta manajerial sepak bola. Di Steam sendiri, game ini sudah dijual seharga Rp 5.999.999 dan tentunya mendapatkan ulasan positif dari para pemain yang sudah memainkan game ini. Kalau harga tersebut masih mahal menurutmu, mungkin bisa menunggu diskon jika kamu ingin memilikinya, mengingat sebentar lagi ada libur Natal dan tahun baru, pasti akan ada diskon. Buat yang penasaran, berikut review Football Manager 2023.

Review Football Manager 2023, Apakah Lebih Keren Dibanding Sebelumnya?

Review-Football-Manager-2023

     1. Detail Dan Tingkat Akurasi yang Dipertahankan

Tandem maut antara Sports Interactive dan SEGA sudah lama diprediksi akan sukses karena dapat membawa sebuah simulasi dengan detail tingkat tinggi. Sejarah game ini memang sangat panjang, yaitu sejak tahun 1992 ketika mereka masih bernama Championship Manager.

Kemudian di tahun 2004, Sports Interactive berpisah dengan Eidos Interactive dan membentuk koalisi baru dengan SEGA untuk membuat Football Manager 2005. Dengan detail dan tingkat akurasi yang tinggi, Football Manager segera menjelma sebagai simulasi sepak bola besar yang begitu digandrungi sampai saat ini, ternyata sejarah dari game ini masih dipertahankan.

Football Manager 2023 hadir dengan begitu banyak detail dan pola permainan yang masih membuat kita betah untuk terus menatap monitor. Secara umum FM 2023 masih mengizinkan gamer untuk mengatur semua hal yang berkaitan dengan tim sepak bola. Secara keseluruhan, jika kamu sebelumnya sudah memainkan Football Manager 2021 dan yang 2022, mungkin seri terbaru ini tampak sama.

Detail tingkat akurasi dan pengelolaan sumber dayanya jadi salah satu hal yang cukup identik dengan judul sebelumnya.

     2. Elemen Baru Terkesan Minim

Walaupun ada perubahan dan fitur baru yang disematkan oleh developer, namun beberapa pemain merasa bahwa hal baru tersebut membawa dampak signifikan. Dengan kata lain, perubahan dan fitur barunya hanya melengkapi dari sektor utama yang lebih dominan seperti judul yang sebelumnya.

Salah satu fitur baru yang ada dalam game ini yaitu sistem perekrutan pemain yang lebih detail, pemain akan diberikan banyak pilihan dan masukan tentang visi atau misi klub untuk masa depan. Tentu saja masukan dan pilihan yang ada bisa kamu jadikan bahan pertimbangan matang sebelum kamu membeli beberapa orang pemain. Kemudian jawaban dan reaksi pemain sebagai manajer juga akan berdampak telak pada keharmonisan tim, fitur ini sebenarnya sudah cukup detail pada dua judul yang sebelumnya.

Kamu harus ingat bahwa pilihan kata, motivasi dan peringatan pada pemain akan membawa mereka ke dalam situasi yang belum tentu mengenakkan. Yang paling menyebalkan tentunya kemarahan dan sifat kekanakan mereka yang berujung pada permintaan penjualan.

     3. Akan Menghabiskan Waktumu Secara Masif

Seperti yang sebelumnya, memainkan game ini memang akan menghabiskan waktumu secara masif. Tidak perduli apakah kamu menerapkan taktik menyerang, bertahan, tiki-taka atau gegenpres, semuanya akan membutuhkan waktu yang intens untuk diterapkan di lapangan.

Tidak hanya itu saja, ada juga perburuan pemain yang akan menyita banyak waktu, membeli menjual serta melakukan negosiasi kontak masih menjadi hal penting yang mengasyikan dalam game ini.

Jika kamu memainkan game ini, jelas game ini akan menyita waktu tidurmu karena pemain akan dituntut untuk memenangi pertandingan. Untuk masalah AI yang sering dikeluhkan sering bermasalah ketika pertandingan, kini sudah diminimalkan.

     4. Kualitas Visual Tetap Solid Dipadukan Audio yang Riuh

Kalau kamu memperhatikan lebih lanjut, gaya visual yang ditampilkan dari game ini nyaris tidak ada perubahan jika dibandingkan dengan Football Manager 2022. Bahkan kualitas grafisnya bisa dibilang mirip dengan Football Manager 2021.

Walaupun begitu, game ini masih menunjukkan tajinya karena grafiknya masih terhitung solid dan cerah, jadi bisa dibilang detail game ini berhasil dikembangkan oleh developer. Kabar baiknya, jika kamu ingin memainkan game Football Manager 2023 ini di PC, tidak membutuhkan spesifikasi yang berat, yaitu hanya RAM 8 GB, VGA setara GTX 750 Ti dan prosedur Intel Core i5-3570.

Jangan lupa untuk menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 10 GB. Untuk audionya masih terbilang mirip dengan seri yang sebelumnya, itulah review Football Manager 2023 yang harus kamu ketahui.