Game Spider-Man: Miles Morales, Wajib Kamu Mainkan!

0
443

detikgames.com – Game Spider-Man menjadi salah satu game paling sukses dan paling laris, pada game pertamanya, Insomniac membuktikan kalau game Spider-Man mampu menawarkan gameplay yang sangat berkesan dengan nuansa dunia terbuka dengan balutan misi yang sangat berkesan. Dan akhirnya mereka kembali dengan merilis Spider-Man: Miles Morales yang direncanakan jadi game pembuka di konsol anyar, PS 5, game yang satu ini dapat dimainkan di konsol PS4 dan siapapun yang membelinya bisa memainkan game ini secara gratis di PS5. Dalam game ini pemain akan melakukan petualangan di kota New York setelah pengenalannya di game pertama Spider-Man.

Yang unik dari game ini, pemain akan memainkan latar waktu natal yang sangat meriah dan senada dengan waktu perilisan game ini menuju akhir tahun. Sekilas pemain akan dibuat hanyut dengan cerita Miles Morales yang sedang bercengkrama dengan anggota keluarganya, kini Miles dihadapkan dengan dilema yaitu kawan dan keluarga terdekatnya terlibat aktivitas berbahaya, bahkan sang ibu sedang mencalonkan dirinya menjadi walikota, sedangkan Peter mulai mempercayakan Miles dengan tanggung jawab yang besar dan membiarkan sang Spider-Man dari Harlem menjaga New York. Dalam sekuel ini ada beberapa hal yang signifikan, Miles membuat aplikasi khusus seperti sosial media untuk mengendalikan aktivitas kota, pemain dapat mengakses menu tersebut dengan mudah untuk mengakses aktivitas Challenge dan lainnya.

Berbeda dengan Spider-Man versi Peter Parker, Miles mewarisi kemampuan yang berbeda, kalau sebelumnya Peter mengembangkan banyak gadget untuk membantunya dalam bertarung, di game pertamanya ada Sembilan gadget yang bisa pemain gunakan. Sedangkan Miles hanya bisa menggunakan empat gadget saja, yaitu penembak jaring, penarik gaya gravitasi, hollow-drone serta jebakan listrik, dapat dibilang, Miles menginisiasi gaya pertarungan yang lebih kentara. Pasalnya dari game Spider-Man ini, di sini Miles juga diceritakan bisa membangkitkan kekuatan baru dari kekuatan Spider-Man miliknya, disini Miles juga diceritakan digigit oleh laba-laba genetik jenis baru yang memungkinkannya membangkitkan bio-elektrik.

Game Spider-Man

Disamping itu Peter sendiri sempat iri dengan kekuatan baru yang dimiliki oleh Miles, karena dia bisa menghancurkan banyak musuh dengan mudah karena kekuatan listrik dari tubuhnya yang dapat dipancarkan keluar. Ini juga termasuk kekuatannya untuk dapat mengeluarkan blast dengan jangkauan jarak yang sangat luas, beberapa tahun dari game yang pertama, Peter Parker telah melatih Miles Morales untuk mengembangkan kekuatan Spider-Man miliknya.

Pada awal game, Peter menuturkan kalau dirinya harus keluar dari New York untuk sementara karena harus menemani Mary Jane ke luar negeri dan Miles lah yang mengambil alin New York untuk sementara. Awalnya banyak warga kita yang tidak biasa dengan penampilan Spider-Man berkostum hitam miliknya, sampai akhirnya ia membuktikan kalau dirinya layak disebut sebagai Spider-Man, kini musuh utama yang harus dihadapi oleh Miles yaitu mengakorporasi baru yang bernama Roxxon yang mengambil oleh New York setelah Oscorp membuat kacau kota mereka dengan senjata genetik.

Ternyata Roxxon juga menyimpan suatu niat tersendiri untuk mengembangkan senjata dan membawa New York dalam pengawasan paramiliter dari perusahaan ini, di dalam game Spider-Man yang satu ini Miles dihadapkan oleh berbagai pilihan sulit saat harus mengedepankan intuisinya sebagai Spider-Man atau sebagai Miles dengan hubungan pertemanannya dan keluarganya. Kalau dibandingkan dengan game pertamanya, game yang satu ini tidak bisa menyediakan scenario utama yang cukup panjang, malah rata-rata gameplay dari story utama game ini hanya memakan waktu 8 jam, walaupun begitu ada rangkaian Side Quest yang dapat pemain ikuti untuk bisa membuka kostum baru Miles dan kemampuannya.

Ada juga beberapa rangkaian Challenge yang dapat pemain aktifkan dan formatnya masih sama, yaitu Combat, stealth, dan Time trial, Miles juga memiliki gaya bertarung yang berbeda, walaupun beberapa kombinasi serangan dan mekanik permainannya masih sama dengan versi yang asli. Game yang satu ini dikembangkan sangat baik oleh versi Insomniac untuk memberikan corak perbedaan antara Spider-Man versi  Peter Parker, mereka berhasil berpegang pada cerita dalam komik namun merangkainya dengan lebih orisinil lagi untuk versi gamenya.