Ini Dia Pendapatan Perbulan Tyler “Ninja” Blevins Dari Streamingnya

Siapa yang tidak kenal dengan pemain Fortnite, ataupun nongkrong di laman Twitch, pasti kamu tidak akan asing dengan nama Tyler “Ninja” Blevins.

Streamer berumur 27 tahun ini menyandang titel “Rajanya Twitch” dengan lebih dari 12 juta followers di Twitch.

Pendapatannya juga luar biasa. Dalam sebulan, ia bisa meraup miliaran rupiah hanya dari platform Twitch, belum termasuk YouTube, kerjasama, dan sponsor yang ia dapatkan. Tim RevivalTV akan paparkan angka perkiraan yang ia dapatkan tiap bulan di tahun 2018 lalu.

Sebagai perbandingannya, pada bulan Mei 2018 lalu, dia terhitung memiliki 188.000 subscriber di Twitch.

Walaupun sempat mendapatkan penurunan subscriber yang signifikan, sebesar 40.000 hanya karena hiatus selama 2 hari untuk perayaan E3 2018. Namun hal ini tidak menjadi halangan besar bagi Ninja untuk kembali.

Dan di hari artikel ini ditulis, ia telah memiliki 12 juta subscriber lebih di Twitch, dan akan bertambah seiring waktu. Tercatat stream tersuksesnya saat ia bermain Fortnite bersama Drake, dan menembus angka 600,000 viewer bersamaan menonton stream-nya.

Siapa sangka, Ninja sejak dulu telah memegang titel professional player. Dimulai dari game Halo 3 hingga Halo 5.

Dia telah bermain dengan organisasi esports terkenal seperti Cloud9, Team Liquid, dan Renegades. Ia memenangkan banyak turnamen termasuk MLG Fall Championship 2012.

Saat PUBG keluar, ia bergabung dengan Luminosity Gaming untuk menjadi pemain mereka, dan sekaligus memenangkan PUBG Gamescom Invitational.

Ini bagian yang ditunggu-tunggu. Berapa uang yang dibuat oleh streamer terbesar di Twitch perbulannya?

Saat diwawancarai oleh CNN pada Desember 2018 lalu, Ninja berkata bahwa ia bisa membuat US$500,000 (7,2 miliar rupiah) bahkan lebih di bulan-bulan yang bagus. Itu dalam jangka waktu sebulan.

Dia mendapatkan pendapatan sekitar US$10,000,000 (144 miliar rupiah) di tahun 2018. Pendapatan yang ia dapat kebanyakan datang dari iklan. Selain iklan, ia punya 3 pendapatan lain yang nilainya juga tidak bisa diremehkan.

Saat ia diwawancarai oleh Forbes, ia mengungkap bahwa mendapatkan US$3,5 (~Rp50.000) untuk setiap langganan (subscription) di Twitch.

Menurut TwitchStats, pada bulan Juli 2018 saja, ia berhasil mendapatkan 80,000 subscriber baru, dan meraup sekitar US$280,000 di bulan itu saja, dan perhitungan ini baru saja menghitung pendapatnya via subscription.

Kalau di terjemahkan ke prize pool esports, ia dapat menggelar sebuah event premier (setara ESL One) setiap bulannya dengan uang sebanyak itu. Atau bisa saja mengalahkan pendapatan Kuro Salehi “KuroKy” Takhasomi selama karirnya dalam waktu 15 bulan.

Sedikit statistik, streamer dengan nama asli Tyler Blevins ini memiliki sekitar 4 kali follower dari kanal Riot Games (3,3 juta follower) selaku rumah dari kanal League Of Legends. Kamu bisa melihat perbandingan lengkap tentang kanal yang paling sering ditonton dibawah:

Begitulah pendapatan dari seorang Ninja. Bagaimana pendapat kalian tentang fakta ini? Mungkin ada yang mau nyaingin Ninja di Indonesia? Apakah streamer asal Amerika Serikat ini dapat mendulang sukses kembali di tahun 2019 ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *